Tanaman hias online.

Kamis, 17 November 2016

8 Jenis Tanaman Hias Bunga Paling Diminati Sepanjang Tahun 2016

Beragam jenis tanaman hias bunga yang anggun dan cantik, semakin membuat pecinta holtikultura enggan berpaling dan merawatnya dengan sepenuh rasa.
tanaman hias bunga matahari mini
Tanaman hias bunga matahari mini via www.aliexpress.com
Sepanjang tahun 2016 ini, berapa banyak tanaman hias yang sudah kamu punyai? Tapi berapapun jumlahnya, yang penting kamu tetap setia merawat dan menjaganya, ya! Syukur-syukur, kamu bisa menambah koleksi tanaman hias bungamu dengan beragam warna dan kesannya.

Kalau buat kamu yang baru mau mulai, segera saja memulai. Untuk panduan singkatnya, kamu bisa menyimaknya di artikel bertajuk "Budidaya Tanaman Hias". Penulis sudah jelaskan mulai dari tahap persiapan hingga ke tahap perawatan. Kamu tinggal menerapkan dengan gampang.

Nah, buat sahabat Gohias yang ingin menambah koleksi lagi, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa jenis tanaman hias bunga ini. Penulis sudah rangkum dari beragam sumber, tanaman hias bunga manakah yang paling digandrungi pecintanya di sepanjang tahun 2016. Cek, yuk!

1. Pink Crape Myrtle

tanaman hias bunga pink crape myrtle
Tanaman hias bunga bungur jepang via www.thetreecenter.com
Cantik dan anggun, kesan pertama yang bakal kamu rasakan kala melihat pemandangan tanaman hias berbunga yang satu ini. Banyak negara Eropa memilih tanaman berjuluk Bungur Jepang untuk ditempatkan di teras cottage-cottage bernuansa mewah.

Bila musim kemarau tiba, warna bunganya akan semakin menjadi-jadi. Tampak cerah dan ceria untuk mewarnai kegiatan sehari-hari kamu. Tanaman hias ini banyak digemari karena perawatannya yang sangat mudah. Bahkan, tanaman ini telah terbukti cukup tahan terhadap serangan hama.

2. Rangoon Creeper

tanaman hias rangoon creeper
Tanaman hias bunga rangoon creeper via www.thetreecenter.com
Buat kamu yang mau terus-terusan melihat indahnya bunga bermekaran, Rangoon Creeper bisa dijadikan pilihan. Tanaman ini sangat cocok dibudidayakan di daerah tropis. Tidak heran, kalau banyak pecinta holtikultura menjatuhkan hati pada bunga berjuluk Chinese Honeysuckle yang cantik ini.

Tidak hanya cantik dan enak dipandang, tanaman ini juga punya wangi yang semerbak. Bahkan, dalam sekali berbunga, dia bisa menghasilkan ratusan sampai ribuan kuntum. Perawatannya pun terbilang mudah. Cukup diletakkan di tempat yang panas dan diberi air secara rutin. Siap-siap terkejut, ya! Karena tanaman ini akan mekar sepanjang tahun.

3. Bougenville Yellow Moon

Bougenville yellow moon via www.capetowndailyphoto.com
Keindahan bunga yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa terus-terusan menatapnya walau tanpa ada rasa bosan di hati. Tanaman ini juga punya segudang manfaat. Salah satu manfaat bougenville, berkhasiat untuk membersihkan kualitas udara sekitar.

Tanaman yang lebih akrab dipanggil bunga kertas ini akan semakin cepat berbunga, apalagi jika ditempatkan di area terbuka. Kamu cukup merawatnya dengan menyirami setiap pagi dan sore hari. Kamu bakal betah melihat keindahan bunga kertas ini sepanjang hari.

4. Yellow Marigold Big Flower

tanaman hias bunga yellow marigold
Tanaman hias yellow marigold via www.pinterest.com
Buat kamu yang baru ingin memulai budidaya tanaman hias, bunga ini sangat penulis rekomendasikan. Selain karena perawatan yang cukup gampang, tanaman hias bunga ini punya banyak keunggulan. Dari segi kecantikan, maupun manfaat yang diberikan.

Warnanya kuning-orange cerah, bunganya yang besar, bentuknya yang unik dan lucu menyerupai pom-pom andalan para cheerleader. Yellow marigold pun dijuluki sebagai bunga yang melambangkan kebahagian dan semangat jiwa muda.

Bahkan, penelitian mengungkapkan, tanaman hias bunga ini bermanfaat menyegarkan mood dalam waktu singkat.

5. Hydrangea

tanaman hias bunga hydrangea
Tanaman hias bunga hydrangea via www.espoma.com
Kalau bunga yang satu ini, bisa dipastikan klop sama kamu yang sadar pemanasan global. Cuaca yang cenderung sangat panas di musim kemarau, makin membuat kualitas udara jadi tak terkontrol. Akibatnya, pencemaran udara bakal merebak ke mana-mana. Sangatlah berbahaya.

Kenapa harus Hydrangea? Menurut penelitian, tanaman hias bunga ini punya kemampuan menangkal radikal bebas. Jadi, kamu tidak perlu khawatir terkena penyakit akibat pencemaran udara. Pun, tanaman hias ini juga punya bentuk dan warna yang indah.

Sama seperti Rangoon Creeper, bunga ini bakalan menemani kamu sepanjang tahun. Alias bakal mekar terus-menerus, tanpa terpengaruh oleh musim yang silih berganti. Wajarlah, kalau banyak pecinta holtikultura yang ingin segera merawatnya.

6. Bunga Mawar

tanaman hias bunga mawar
Tanaman hias bunga mawar via trisuranti.wordpress.com
Ratu bunga sejagat, julukan yang pantas diberikan pada tanaman hias bunga mawar. Sudah ada ribuan varietas dari bunga mawar, yang diteliti dan dikembangkan di seluruh penjuru dunia. Termasuk juga Indonesia, yang mulai memanfaatkan bunga mawar tak hanya untuk penghias saja.

Bunga mawar juga bisa dialihgunakan untuk keperluan obat tradisional, dekorasi pernikahan, kue, hingga bedak gatal. Ragam varietas dari bunga mawar yang paling diminati, ialah bunga mawar tanpa duri dan bunga mawar floribunda pink.

7. Lantana

tanaman hias bunga lantana
Tanaman hias bunga lantana via www.flowerpictures.net
Buat kamu yang tak hanya suka tanaman hias bunga, bisa segera merawatnya. Lantana ialah varietas bunga asal Amerika, yang sangat dikenal oleh masyarakat dunia. Bunga ini, mampu menarik perhatian kupu-kupu dan burung hummingbird. Tak heran jika banyak warga Amerika gemar merawatnya.

Di Indonesia sendiri, ada dua jenis bunga lantana yang sedang digemari. Ialah Lantana Oranye dan Lantana Merah. Lantana oranye kerap jadi perhatian burung hummingbird. Sedangkan lantara merah diandalkan berbunga di segala musim, dan mampu tahan panas atau saat kekeringan melanda.

8. Matahari Mini

tanaman hias bunga matahari mini
Tanaman hias bunga matahari mini via www.aliexpress.com
Bunga ini terkenal dengan kelopak dan kepala bunga yang berukuran besar. Warnanya yang lucu dan menyegarkan, akan sangat cantik kalau dipadukan bersama pot-pot berwarna cerah.

Di negara asalnya, Perancis, bunga matahari dijuluki sebagai pengelana matahari. Sebab, apapun kondisinya, bunga matahari akan selalu menghadap ke arah matahari. Unik, ya?

Tidak hanya itu, bunga matahari juga dilambangkan sebagai bunga yang penuh kasih sayang, perhatian, dan kehangatan. Sangat cocok untuk kamu yang hari-harinya dipenuhi gelora asmara.

Dari sederet tanaman hias bunga di atas, manakah yang paling membuatmu ingin merawatnya? Kalau dilihat-lihat, semuanya bagus dan memesona. Tinggal sesuaikan saja dengan selera dan kebutuhan. Semoga bisa menambah inspirasi buat kamu, ya~

Rekomendasi Artikel Bermanfaat Lainnya

Tags :