Tanaman hias online.

Minggu, 13 November 2016

5 Manfaat Tanaman Hias Bougenville untuk Kesehatan Tubuh Kita

Tidak hanya mampu mengalihkan perhatianmu, keindahan si bunga kertas bougenville juga punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuhmu.
manfaat tanaman hias bougenville bunga kertas
Indahnya bunga kertas bougenville via stocksnap.io
Manfaat tanaman hias, tidak melulu untuk memperindah interior ruang ataupun eksterior rumah. Selain memiliki keindahan bentuk, warna, hingga wanginya, tanaman hias juga punya beberapa manfaat lain. Misalkan, manfaat tanaman hias untuk kesehatan.

Belum banyak orang yang tahu, mungkin termasuk kamu juga. Bahwa, tanaman hias tidak melulu hanya untuk menghias, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain, tidak terkecuali kesehatan tubuhmu. Nah, kali ini, Gohias ingin menunjukkan beberapa manfaat dari tanaman Bougenville.

Tanaman hias Bougenville atau yang kerap kita sebut Bunga Kertas, mempunyai keindahan bentuk dan warna yang anggun. Bunga ini berasal dari salah satu Negara di Amerika Utara, yakni Meksiko. Negara terbesar ketiga di Amerika Latin.

Bunga kertas ini tumbuh dengan baik di pegunungan atau daratan tinggi Meksiko. Bentuknya mirip dengan bunga aster. Warna bunganya tergolong indah: merah muda, kuning cerah, biru keunguan. Sehingga, sangat cocok digunakan sebagai penghias taman di rumah kamu.

Nah kira-kira, apa saja ya, manfaat dari bunga kertas ini? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini!

1. Tak melulu memancarkan keindahan, Bougenville efektif menyembuhkan gatal-gatal di sekujur badan

tanaman hias bougenville
Menyembuhkan gatal-gatal via wisegeek.com
Bunga kertas yang indah pun, ternyata punya manfaat mengurangi rasa gatal-gatal di sekujur tubuh. Cukup tumbuk bunga kertas, yang dicampur dengan daun lidah buaya dan daun sirih. Setelah halus, barulah kamu bisa pakai olahan tersebut untuk dioleskan ke bagian tubuh yang terasa gatal. Tinggal tunggu hingga rasa gatalnya hilang, deh!

2. Tak hanya indah dipandang hingga hati luruh, Bougenville juga bisa melancarkan pencernaan tubuh

manfaat tanaman bougenville
Melancarkan pencernaan via netdoctor.net
Bougenville ternyata mengandung senyawa inflamasi yang membantu usus dalam perut jadi stabil. Kamu bisa merebus daun bunga kertas ini dan meminum sari rebusannya. Peneliti membuktikan, kalau air rebus daun bougenville berkhasiat menyembuhkan gangguan pencernaan, misalkan perut kembung, diare, hingga asam lambung.

3. Selain bikin mood-mu naik kala memandangnya, kamu juga bakal mendapat udara segar darinya

manfaat bunga kertas
Membersihkan udara sekitar via shushi168.com
Kabar baik buat kamu yang sekarang sedang sibuk-sibuknya menanam bougenville di halaman rumah. Sebab, tanaman ini punya khasiat untuk menekan polusi udara dari kendaraan, udara kotor, hingga perubahan iklim. Sehingga, kualitas udara serta air di sekitar tanaman ini bisa lebih baik dari sebelumnya.

4. Selain membuat pemandangan jadi beda, Bougenville juga bikin batuk-batukmu reda

manfaat tanaman hias bougenville
Meredakan batuk-batuk via fthmb.tqn.com
Kali ini, batang bougenville yang ambil alih peran dalam kesehatan. Bagian batang terutama kulitnya, ternyata memiliki khasiat untuk meredakan batuk. Batuk-batuk yang biasanya disertai gejala flu dan kelelahan bisa teratasi. Cukup tumbuk kulit tanaman, lalu campurkan pada air mineral. Kamu tinggal berkumur dengan air tersebut.

5. Bougenville yang indah dan anggun, ternyata jago membantu menyembuhkan penyakit menahun

manfaat tanaman bunga kertas bougenville
Menyembuhkan penyakit serius via agoramedia.com
Tidak main-main, di negara asalnya, Meksiko, sudah banyak penelitian tentang bunga kertas ini. Beberapa peneliti menyebutkan, kalau bougenville punya khasiat untuk menyembuhkan penyakit menahun dan serius. Misalkan, diabetes, kolesterol, peradangan lambung, hingga darah tinggi. Tentu kalau diolah dengan resep yang benar, ya!

Sekali lagi, manfaat tanaman hias ternyata tidak melulu soal keindahan penglihatan. Tapi juga bisa membantu menyumbangkan khasiat untuk kesehatan. Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi menanam dan merawat tanaman Bougenville. Semoga rumah dan halamanmu makin indah, ya~

Rekomendasi Artikel Bermanfaat Lainnya

Tags :