Tanaman hias online.

Selasa, 13 Desember 2016

7 Tanaman Hias Merambat yang Wajib Hiasi Eksterior Rumah Kamu

Agar dinding dan kanopi tampak lebih cantik, tanaman hias merambat wajib kamu miliki. Yuk, intip sederet rekomendasi ini, biar eksterior rumah kamu makin asri.
Tanaman Hias Merambat
Tanaman hias merambat via bruxellanatura.wordpress.com
Setelah sibuk mengurus beragam jenis tanaman di dalam ruangan, kini saatnya kamu memperhatikan bagian eksterior rumah. Supaya, kesan asri dan segar di sekeliling rumah makin membuat pikiranmu jadi lebih fresh dan semangat tiap hari.

Salah satu solusinya, kamu bisa memanfaatkan tanaman hias merambat. Tanaman ini punya ciri khas tersendiri, yang bisa meneduhkan tempat di sekitarnya. Kamu bisa merawatnya di dinding atau pergola (kanopi). Biar makin asri, tentunya.

Nah, sederet tanaman hias merambat berikut ini, sudah saya rangkum dari berbagai sumber. Kamu bisa memilih sesuai dengan selera kamu. Yuk, langsung aja kita intip apa aja rekomendasinya.

1. Melati Irian

Melati Irian
Melati irian via photobucket.com
Ada dua versi warna dari bunga yang satu ini, yakni oranye kemerah-merahan dan biru. Dinamai melati irian, karena bunga ini punya untaian yang cukup besar saling menggerombol indah. Termasuk tanaman langka, tidak heran jika harga bunga ini melambung tinggi.

Meski dibanderol mahal, perawatannya mudah dan tidak terlalu ribet. Pertumbuhannya juga tergolong cepat sehingga kamu bisa langsung merasakan keindahan dan kesejukannya. Siap-siap, kamu makin betah dan ingin cepat-cepat pulang ke rumah~

2. Wisteria

Wisteria
Wisteria via indonesia.fun-japan.jp
Sama seperti melati irian, wisteria termasuk dalam tanaman langka. Sulit biakkan, jadi salah satu penyebab kenapa tanaman ini tak banyak beredar. Karenanya, tidak heran jika harga yang dibanderol untuk satu batangnya terbilang mahal.

Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman subtropis. Untuk menanamnya di Indonesia yang beriklim tropis, tentu sangatlah sulit. Butuh ketelitian dalam hal perawatan dan pembibitan. Tapi, kalau dirawat dengan baik, tanaman ini bisa tumbuh sepanjang 20 meter.

3. Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin
Air mata pengantin via houzz.com
Sepintas, tampak keindahan terpancar dari tanaman yang satu ini. Membuat siapa saja enggan berpaling dan ingin segera merawatnya di rumah. Tapi, tahukah kamu, kalau tanaman ini sebenarnya adalah gulma?

Tanaman yang tumbuh sangat cepat ini ternyata telah banyak digunakan untuk tanaman hias. Kamu boleh mencobanya di rumah, demi tampilan rumah yang makin cantik. Proses merawatnya sangatlah gampang, bahkan tanpa pemupukan pun bisa tumbuh dengan baik.

4. Petrea

Petrea Volubilis
Petrea volubilis via bruxellanatura.wordpress.com
Tanaman hias satu ini juga punya keindahan yang patut kamu pertimbangkan. Punya bunga yang lebat dan merata di seluruh batang, jadi salah satu alasan kenapa kamu wajib merawatnya di rumah sebagai penghias dinding dan kanopi mobil.

Petrea juga ada dalam dua versi, yakni warna ungu dan putih. Kamu bisa memilih sesuai selera. Soal perawatan, meski tanaman ini asli Amerika Latin, namun tetap bisa tumbuh subur di segala iklim termasuk di Indonesia.

5. Mandevilla

Mandevilla
Mandevilla via juliezickefoose.com
Tanaman ini agak bandel dalam pertumbuhannya karena tidak mudah mengikuti sulur. Kalau kamu ingin tanaman ini tetap mengikuti alur pergola, maka mau tidak mau haruslah menahannya dengan tali rafia. Untuk jenis bunganya, lebih banyak di antara tanaman yang tadi sudah dijelaskan.

Ada warna merah, merah muda, putih, dan kuning, membuat selera warna jadi makin banyak. Tanaman ini juga mudah tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Kelebihannya, tak perlu takut soal hama dan penyakit, karena tanaman ini sudah kebal terhadap keduanya.

6. Morning Glory

Morning Glory
Morning glory via bucktowngarden.com
Morning glory namanya, salah satu tanaman yang juga bisa tumbuh subur di segala iklim. Baik tropis atau subtropis, panas atau dingin, semuanya bisa teratasi. Banyak negara-negara Eropa yang memanfaatkan tanaman ini sebagai vertical garden.

Gunanya, untuk mendinginkan udara sehingga penggunaan pendingin udara (AC) bisa diminimalkan. Kamu boleh mencoba tanaman satu ini. Apalagi, banyak sekali varian warna dan spesies yang membuatmu makin leluasa saat menentukan pilihan.

7. Dolar Rambat

Dolar Rambat
Dolar rambat via kidsklik.com
Salah satu tanaman hias merambat yang populer di Indonesia, karena warnanya yang khas yakni hijau sejuk. Di Indonesia, tanaman ini biasa dirawat sebagai penghias dinding luar rumah. Biar tampak lebih asri dan sejuk, tanaman ini bisa jadi solusinya.

Tanaman ini sama sekali tidak memiliki bunga, hanya memiliki daun yang lebat dan bisa tumbuh sepanjang tahun. Namun, agaknya kamu wajib berhati-hati jika ingin merawatnya. Akarnya yang sangat kuat bisa menembus dinding dan bahkan merusaknya.

Nah, itu dia sederet rekomendasi tanaman hias merambat yang bisa kamu beli nantinya. Semoga eksterior rumah kamu makin hijau dan segar, ya~

Rekomendasi Artikel Bermanfaat Lainnya

Tags :